7 Fakta Yang Harus Anda Ketahui Tentang Migrain


Migraine adalah gangguan episodik; intinya adalah sakit kepala berat yang secara umum terkait erat dengan mual dan/atau sensitivitas (peka) terhadap cahaya dan suara. Migraine merupakan gangguan yang lebih sering dialami wanita (17% per tahun) dibandingkan pria (6% per tahun), secara umum diderita 12% populasi. Migraine sering dialami di usia 30-39 tahun, dengan prevalensi pada pria mencapai 7%, dan wanita mencapai 24%. Migraine tanpa aura merupakan tipe paling sering dijumpai pada 75% kasus.

Berikut ini 7 fakta menarik tentang migraine :

Fakta pertama

Teori vaskular migraine menyebutkan bahwa migraine disebabkan oleh pelebaran pembuluh darah, sedangkan aura migraine akibat dari vasokonstriksi (penyempitan pembuluh darah).

Fakta kedua

Serotonin (dilepaskan atau dibebaskan dari nukleus serotonergik batang otak) berperan dalam proses perjalanan migraine, diperantarai oleh aksi langsung pembuluh darah kranial, melalui peran di dalam jalur kontrol nyeri sentral, atau melalui dengan proyeksi kortikal otak dari nukleus serotonergik batang otak.

Fakta ketiga

Sejumlah kandidat gen terkait migrain, misalnya: KCNK18 yang mengkode TRESK dan gen CSNK1D yang mengkode casein kinase I isoform delta.

Fakta keempat

Proses berlangsungnya serangan migraine tipikal melalui empat fase: prodrome, aura, sakit kepala, dan postdrome.

Fakta kelima

Beberapa faktor pencetus atau pemicu migraine antara lain: stres emosional, hormon-hormon (terutama pada perempuan), tidak makan, cuaca, gangguan tidur, bau, nyeri leher, cahaya, alkohol, asap rokok, tidur larut malam, panas, makanan tertentu, berolahraga, aktivitas seksual.

Fakta keenam

Diagnosis banding migraine luas, meliputi:
a. sakit kepala primer, seperti: nyeri kepala tipe tegang otot dan cefalalgia otonom trigeminal berupa sakit kepala kluster
b. sakit kepala sekunder (sakit kepala disebabkan oleh gangguan lain seperti trauma kepala atau leher, gangguan serebrovaskuler, lesi intrakranial, gangguan di wajah, tengkorak, struktur terdekat, atau infeksi).

Fakta ketujuh

Kriteria diagnosis migraine ditegakkan berdasarkan The International Classification of Headache Disorders, edisi ketiga (ICHD-3).

Foto ilustrasi: google

Profil penulis:

Dito Anurogo, dokter digital/online, penulis 17 buku, salah satunya “45 Penyakit Dan Gangguan Saraf”, CEO/Perintis Indonesian Literacy Fellowship, studi S-2 IKD Biomedis FK UGM Yogyakarta. Email ditoanurogo@gmail.com
dan

0 Response to "7 Fakta Yang Harus Anda Ketahui Tentang Migrain"

Posting Komentar